Rabu, 27 Juli 2011

Ciri Khusus Makhluk Hidup

Tuhan Yang Maha Kuasa telah menciptakan semua makhluk hidup yang ada di bumi ini dengan sempurna. Setiap makhluk hidup mempunyai kelebihan masing-masing. Setiap kelebihan yang dimiliki makhluk hidup digunakan oleh makhluk hidup agar dapat tetap hidup di bumi ini. Hewan dan tumbuhan juga memiliki keistimewaan. Keistimewaan makhluk hidup tersebut kita kenal dengan ciri khusus.

A. Ciri Khusus Pada Hewan
Setiap makhluk hidup diciptakan dengan berbagai kelebihan untuk dapat hidup dan mempertahankan diri.
perhatikan hewan-hewan berikut!
1. kelalawar.
 Pernahkah kalian melihat Kelalawar? Apa ciri khusus yang dimiliki kelalawar? Kelalawar merupakan mamalia yang dapat terbang, kelelawar tinggal di gua atau di pohon-pohon yang tinggi. Di samping memakan buah-buahan, ada juga kelompok kelelawar yang memakan serangga dan
mengisap madu. kelalawar tidur di siang hari dan mencari makan pada malam hari. Lalu bagaimana cara kelalawar mencari makan dalam keadaan gelap? 
Kelelawar dapat memancarkan bunyi yang berfrekuensi tinggi melalui mulut atau hidungnya. Bunyi tersebut dipantulkan ke benda-benda, misalnya cabang-cabang pohon atau serangga. Selanjutnya kelelawar akan mendengar gemanya. Dari gema tersebut kelelawar dapat mengetahui letak dan jauh dekatnya makanan atau rintangan-rintangan yang menghalangi terbangnya.  kemampuan seperti ini disebut Ekolokasi.

 2. Cicak
Cicak termasuk hewan melata (reptilia). Cicak dapat merayap di dinding tanpa terpeleset. Hal ini karena cicak memiliki ciri khusus berupa telapak kaki dengan sistem perekat. Sistem perekat ini dibangun oleh telapak kaki yang beralur pararel. Dengan alur yang dimiliki, memungkinkan cicak dapat menempelkan kakinya di dinding dan berjalan tanpa terpeleset.
Cecak juga mampu memutuskan ekornya untuk mengelabui musuhnya. Ekornya akan tumbuh kembali menjadi lebih lebar dan pendek. Kemampuan cecak seperti ini dinamakan autotomi.

3.  Bebek
Hewan ini memiliki berbagai ciri khusus yang disesuaikan dengan tempat tinggalnya. Bebek hidup di darat, namun untuk mencari makan, bebek biasanya berada di air. Adapun ciri khusus yang dimiliki bebek untuk mencari makan berupa paruh yang agak panjang dan lebar pada bagian ujungnya.
Bebek mencari makan di air, baik kolam atau danau yang dangkal. Agar tubuhnya tidak basah jika terkena air, bulu bebek dilapisi oleh minyak. Dengan demikian, pada saat bebek sampai di darat ia hanya tinggal mengibas-ngibaskan badannya dan air yang menempel di tubuhnya keluar. Jika bulu tubuhnya tidak dilapisi oleh minyak, air yang menempel akan terus menyerap ke dalam bulu tubuh bebek. Selain lapisan minyak pada tubuh bebek, hewan ini mempunyai ciri khusus berupa kaki yang berselaput di antara jari kakinya. Jika kita perhatikan, bebek dapat berenang di air karena kakinya memiliki semacam selaput renang.

4. Landak
Hewan yang satu ini sangatlah unik. landak memiliki bulu yang keras di bagian atas tubuhnya, bulu landak mengandung ribuan duri yang dihasilkan dari otot-otot kulit. duri-duri tersebut merupakan alat pertahanan landak. Apabila diserang musuh, landak akan lari ke sarangnya akan tetapi jika tidak sempat melarikan diri maka landak akan menggulung tubuhnya kemudian bulu kerasnya mengembang. tubuh landak pun dipenuhi oleh duri, duri-duri ini akan menancap pada  tubuh musuh yang menyentuhnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar